Breaking News
Loading...
Minggu, 26 Agustus 2012

Tentang Teknik Elektro


     Ane menulis artikel tentang apa yang ane tau tentang teknik elektro dan apa alasan ane memilih jurusan tersebut untuk kuliah ane. Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat, atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali.

    Hal pertama yang terpikirkan di kepala ane jika mendengar kata teknik adalah sebuah mesin. Ya walaupun jurusan-jurusan teknik tidak hanya teknik mesin, tapi menurut ane semua jurusan teknik pasti mempelajari  tentang mesin baik sedikit ataupun banyak. Ane rasa mahasiswa semua jurusan
teknik miskin akan pengangguran, karena teknik adalah fakulatas  yang jurusan-jurusannya jika diaplikasikan ke dunia kerja lebih mengarah ke pekerjaan-pekerjaan di bagian lapangan dan bukan di dalam kantor, yang kita semua tau selalu dibutuhkan setiap perusahaan manapun. Jadi bisa saya pastikan kalau mahasiswa-mahasiswa teknik akan memiliki kemungkinan sangat kecil untuk tidak mendapat pekerjaan, meskipun  pekerjaan berpenghasilan kecil. Kalau mengenai materi yang dipelajari di teknik yang ane tau pasti fisika dan matematika jelas masuk, untuk lebih detailnya ane kurang tau.

    Sekarang mengenai topik utama, apa yang ane tau soal teknik elektro. Yang pasti teknik elektro mempelajari semua hal yang berhubungan dengan listrik, baik arus kuat maupun arus lemah. Arus kuat biasanya digunakan dalam sebuah pabrik sedangkan arus lemah digunakan dalam alat-alat elektronik. Yang ada di otak ane kalau ngomongin teknik elektro pasti PLN, mungkin karena PLN satu-satunya perusahaan listrik di negara ini. Mengenai lapangan pekerjaan untuk jurusan teknik elektro ane kurang paham, namun yang pasti semua pabrik perusahaan membutuhkan listrik untuk beroperasi dengan kata lain membutuhkan teknisi di bidang kelistrikan, salah satunya jurusan teknik elektro. Jadi menurut ane jurusan teknik elektro juga termasuk jurusan yang prospek kerjanya bagus.

    Kalau ditanya alasan ane milih teknik, ada beberapa alasan sebenarnya. Awalnya ane bingung milih jurusan apa, padahal uda kelas 3 SMA. Setelah beberapa minggu berpikir, akhirnya ane memilih teknik. Alasannya yang pertama mungkin karena ane suka pelajaran fisika, walaupun ane anggap fisika adalah pelajaran yang paling rumit dan pelajaran tersebut bukan pelajaran yang ane kuasai pas SMA. Dan alasan yang lain adalah ane suka logika, ngutak-ngatik barang, dan menganalisis sehingga ane mendapat pencerahan kalau teknik adalah fakultas yang cocok untuk ane.

    Selanjutnya alasan kenapa ane memilih jurusan teknik elektro. Ane memilih jurusan sebenarnya  awalnya karena mempertimbangkan nilai SNMPTN ane. Saat bimbel intensif SNMPTN nilai TO ane cuma bisa sampe teknik mesin, maklum lah ane bukan orang pinter soalnya. Tapi ane nggak suka teknik mesin karena menurut ane teknik mesin terlalu sulit belajarnya. Jadi ane mikir, masak ane pasrah dapet jurusan teknik mesin gitu aja? Akhirnya ane inget-inget lagi kebiasaan ane dari kecil. Ternyata ane sering perbaikin kabel colokan listrik di rumah ane, kabel lampulah, kipas anginlah, dan sebagainya. Jadi ane mutusin untuk milih jurusan teknik elektro di USU untuk pilihan kedua. Di pilihan pertama ane milih teknik fisika UGM, namun Tuhan berkata lain.

    Sekian dulu artikel apa yang ane tau tentang teknik elektro dan alasan ane memilih jurusan tersebut. Semoga artikel yang tidak seberapa ini dapat bermanfaat dan saya minta maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati agan-agan. Berhubung sekarang masih suasana lebaran, sekalian ane, Ibnu Hazar, mengucapkan minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah kita selama bulan ramadhan diterima Allah SWT dan mendapat balasan yang setimpal bagi yang menjalankannya.

0 komentar :

Posting Komentar

untuk kritik dan sarannya dipersilahkan

Back To Top