Breaking News
Loading...
Rabu, 25 September 2013

Pembangkit Tenaga Listrik Sumatera Utara


Pembangkit listrik di Sumatera Utara :

PLTA Sigura-gura(Asahan II)
Sumatera Utara(Simorea)
4 x 71,50 MW
PLTA total 4 unit 286MW

PLTA Tangga
Sumatera Utara(Asahan)
4 x 79,25 MW
PLTA total 4 unit 317MW

PLTA Lau Renun
Sumatera Utara(Dairi)
2 x 41 MW
PLTA total 2 unit 82 MW

PLTA Sipansihaporas
Sumatera Utara(Sibolga)
2 x 25 MW
PLTA total 2 unit 50 MW

PLTA Asahan I
Sumatera Utara(Asahan)
2 x 90 MW
PLTA total 2 unit 180MW

PLTGU Sicanang
Sumatera Utara(Belawan)
8 x 116 MW
PLTGU total 8 unit 935MW

PLTD Titi Kuning
Sumatera Utara(Titi Kuning)
6 x 4,1 MW
PLTD total 6 unit 24,8MW

PLTG Glugur
Sumatera Utara(Glugur)
2 x 40 MW
PLTG total 2 unit 80MW

PLTG Paya Pasir
Sumatera Utara(Medan)
5 x 20 MW
PLTG total 5 unit 100MW

PLTU Labuan Angin
Sumatera Utara(Sibolga)
2 x 112 MW
PLTU total 2 unit 224MW

PLTP Sibayak
Sumatera Utara(Berastagi)
2 x 5MW
PLTP total 2 unit 10MW

1.Pembangkit Listrik Tenaga Air Tangga
Bendungan ini terletak 4 kilometer dibawah Sigura-gura. Air yang sudah memutar turbin Sigura-gura kembali dialirkan ke Sungai Asahan dan dimanfaatkan kembali untuk menggerakkan turbin stasiun pembangkit. Bendungan Tangga memiliki panjang 125 meter dengan tinggi 82 meter. Daya yang di hasilkan oleh PLTA ini adalah 317 MW dengan 2 unit generator yang menggerakkan dengan daya 79,2 MW.




2.Pembangkit Listrik Tenaga Air Lau Renum
Air Sungai Renum yang dialihkan ke waduk penampungan ditambah beberapa anak sungai lainnya, diprogramkan menjadi bahan penggerak turbin. Dengan rancangan terowongan 25.345 meter, PLTA ini memiliki 3 bagian yaitu, Terowongan Hulu panjang 8.781 meter, Terowongan Hilir panjang 11.205 meter dan Terowongan Cabang panjang 3.381 meter. Daya yang dihasilkan oleh 2 unit turbin dengan kapasitas daya 41MW ini adalah 82MW.

3.Pembangkit Listrik Tenaga Air Sipansihaporas
Sisterm pembangkit listrik ini menggunakan turbin yang digerakkan oleh air dari Danau Toba yang telah di tampung dalam DAM. Dengan kekuatan 2 unit pembangkit kapasitas 25MW, dapat menghasilkan 50MW. Ada 2 stasiun pembangkit yang letaknya berbeda jaraknya dan 1 DAM yang berfungsi memasok air.

4.Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Sicanang
Pembangkit ini menggunakan gas dan uap yang telah di panaskan di boiler unuk menggerakkan turbin. Air dipompakan ke dalam boiler dimana dipanaskan menghasilkan uap. Uap tersebut digunakan menggerakkan turbin dan sisa air ada yang di buang dan ada yang di gunakan lagi untuk sebagai pemanas boiler. Gas yang di gunakan dalam PLTGU ini akan menggerakkan turbin dimana akan menghasilkan daya yang besar karena Tenaga yang dihasilkan dapat dgunakan satu sama lannya dalam pembangkit PLTGU ini. Ada 8 unit pembangkit dengan kapasitas 118MW sehingga didapat 935MW yang kemudian akan disalurkan ke Aceh dan Sumatera Utara.



5.Pembangkit Listrik Tenaga Air Asahan 1
PLTA ini menggunakan sistem Kolam Tandu. Air sungai yang dibendung di bendungan, menggerakkan turbin sehingga menghasilkan Listrik. Pada saat kekurangan air, Air otomatis akan diambil dari tempat penampungan Kolam Tandu sedangkan debit air tinggi, air akan di tamung dalam Kolam Tandu. Daya yang terdapat dalam 2 unit turbin 90MW adalan 180MW.

6.Pembangkit Listrik Tenaga Air Asahan 2 ( Sigura – Gura)
Terletak 23 Km dari Danau Toba, menjadikan pembangkit listrik ini menggunakan sistem terowongan bawah tanah dan merupakan yang pertama di Indonesia. Sistem pengoperasian 4 unit turbin dengan daya 71,5MW ini menggerakkan turbin dengan kecepatan 330-560 rpm. Air yang mengalir ini dalam dialirkan dalam terowongan sehingga air itu dapat mengalir terus ke bawah. Kekuatan air yang ditembakkan adalah 25 kg/s.


7.Pembangkit Listrik Tenaga Gas Paya Pasir dan Glugur
Pembangkit ini menggunakan gas sebagai penggerak turbinnya. Lokasinya ada di Medan di mana pembangkit ini memiliki 7 unit turbin dengan pembagian Paya Pasir 5 unit kekuatan 20MW dan Glugur 2 unit 40MW. Gas dipompa masuk ke tempat pembakaran sehingga menghasilkan temperatur dan tekanan tinggi. Tekanan inilah yang menggerakkan turbin dan menggunakan kerja siklus tertutup sehingga dapat dipakai terus menerus.

8.Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Titi Kuning
Dengan Mesin diesel menggerakkan turbin sehingga menghasilkan listrik dimana terdapat 6 unit pembangkit dengan kapasitas 4,1MW. Mesin ini menggunakan bahan bakar solar sehingga pemasokannya harus tetap ada.



9.Pembangkit Lstrik Tenaga panas Bumi Sibayak
Energi panas bumi mendidhkan air dalam boiler sehingga menggerakkan turbin. Uap yang terdapat dalam perut bumi mendesak keluar sehingga menghasilkan panas yang sangat tinggi. Terdapat 2unit pembangkit dengan daya 5MW. Pada PLTPB ini sangat diperlukan alat bantu karena Air yang terdapat dalam tangki harus didinginkan dan ada yang harus di buang atau di ganti sehingga sistem kerja tidak terganggu.



10.Pembangkit Listrik Tenaga Uap Labuan Angin
Dengan pembakaran batu bara memungkinkan menghasilkan panas yang cukup untuk memanaskan air yang ada di ketel sehingga dapat menggerakkan turbin. Air yang ada dalam PLTU ini adalah air dengan konduktivitas tinggi karena harus menghantarkan panas yang cukup untuk menghasilkan uap dan menggerakkan turbin. Terdapat 2 Unit pembangkit dengan daya 112MW sehingga PLTU ini adalah pemasok utama Listrik di Sumatera Utara.



0 komentar :

Posting Komentar

untuk kritik dan sarannya dipersilahkan

Back To Top